27 Nov

Ngemil Sehat Ala Ibu Hamil

Ibu Hamil
Oleh: Mitu Baby

Lalu bolehkah mengemil saaSaat si Kecil ada di dalam kandungan, saatnya Moms ekstra hati-hati saat memilih makanan. t hamil? Jawabannya tentu boleh, tapi pilihlah cemilan sehat yang baik untuk Moms dan si Kecil dalam kandungan. Apa saja cemilan yang baik dikonsumsi ibu hamil? 

 

1. Segenggam kacang campuran

Kalori: Sekitar 250

Kacang-kacangan adalah makanan ringan yang bagus untuk disantap di mana saja. Tidak hanya karena rasanya yang lezat tapi juga karena mereka sarat dengan protein, lemak, serat dan berbagai vitamin serta mineral penting. Kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi selama kehamilan, kecuali jika Moms memiliki alergi.

2. Roti gandum atau buah

Kalori menghitung: 300-350

Loaf adalah roti tapi bentuknya lebih mirip dengan kue (seperti roti tambang). Loaf gandum atau buah sangat nikmat jika dimakan bersama dengan secangkir teh. Loaf mengandung zat besi dan serat yang merupakan  zat gizi penting untuk kehamilan.

3. Stik wortel dan hummus

Kalori: 150-200

Dibuat terutama dari kacang polong, hummus kaya akan serat, protein dan asam folat yang berguna untuk perkembangan janin.

4. Pita strip dicelup hummus

Kalori menghitung: 350

Pita strip adalah roti khas Italia dari gandum yang bentuknya tipis dan memanjang dan teksturnya renyah, biasa disajikan dengan kacang polong. Gabungan pita strip, kacang polong dan hummus akan membuat Ibu kenyang lebih lama. Paduan ketiganya sarat dengan serat yang bagus untuk menangkal sembelit.

5. Milkshake pisang

Kalori menghitung: 250-300

Milkshake pisang dapat mengurangi gejala morning sickness dan menaikkan tingkat energi. Tambahkan sari jeruk ke dalamnya untuk membantu Ibu menyerap zat besi. Sementara itu, susu sebagai bahan dasar pembuatan milkshake kaya akan kalsium untuk memertahankan tulang yang kuat.

6. Tortilla wrap, sayur cincang dan hummus

Camilan ini sarat dengan serat, protein, vitamin dan mineral dan mengenyangkan.

7. Telur rebus

Kalori: 70- 150

Telur tidak hanya kaya akan protein, tetapi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang.

8. Segenggam buah kering

Kalori: 80-150

Ngemil buah kering adalah cara yang baik untuk membangkitkan energi dan menghalau lesu.

9. Sandwich mentimun

Kalori: 250-300

Selain rasanya menyegarkan, snack ini juga penuh dengan kalsium untuk membangun tulang yang kuat dan kaya serat untuk membuat Moms cepat kenyang.

10. Alpukat dan roti rye

Kalori: 250-350

Roti gandum sangat bagus untuk membuat Moms cepat kenyang dan memertahankan rasa kenyang itu lebih lama, serta menangkal sembelit. Sementara alpukat penuh dengan nutrisi penting, termasuk potasium, vitamin B dan asam folat untuk menjamin perkembangan janin yang sehat.