27 Nov

Tetap Percaya Diri Usai Melahirkan

Me Time!
Oleh: Mitu Baby

Banyak perubahan baik emosi maupun fisik selama sembilan bulan mengandung si Kecil. Selama masa hamil, tubuh Moms harus menanggung si Kecil yang otomatis membuat fisik Moms berubah total. Saat si Kecil lahir, terbersit keinginan kuat untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula. Tapi hal itu waktu dan kesabaran. Sementara itu, intip dulu yuk informasi berikut sampai tuntas.

 

Usai melahirkan si Kecil, banyak Moms merasa kurang percaya diri dengan perubahan bentuk fisik mereka. Rasanya ingin segera melangsingkan tubuh agar kembali ke bentuk semula. Walaupun itu lumrah,  tapi Moms harus bersabar dan memberi waktu istirahat untuk diri sendiri. Selama sembilan bulan lebih, tubuh Moms membesar demi mengakomodasi kehadiran bayi. Sangat tidak masuk akal jika Moms ingin kembali ke bentuk tubuh semula hanya dalam waktu satu atau dua minggu setelah melahirkan.

Moms mungkin perlu waktu antara sembilan bulan hingga satu tahun untuk mendapat lagi bentuk tubuh idaman dengan cara yang alami. Namun perlu diingat, besar kemungkinan tubuh Moms tidak akan persis sama dengan ketika masih gadis. Meski demikian, bukan berarti Moms tidak lagi cantik dan menarik. Setiap tahapan kehidupan dan usia memiliki kecantikannya sendiri-sendiri. Dan ingatlah, tubuh Moms berubah dalam rangka menciptakan dan memelihara sebuah keajaiban yang berwujud seorang bayi.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu  Moms merasa positif terhadap tubuh  yang dimiliki sekarang.

Jangan menilai penampilan Moms dengan beberapa minggu pertama

Kebanyakan Moms, dalam minggu-minggu pertama setelah melahirkan, merasakan berbagai rasa tidak nyaman seperti tubuh membengkak, letih, lemas, emosional dan belum bisa membagi waktu untuk merawat diri sendiri. Mungkin juga, Moms terlihat masih seperti hamil karena otot-otot perut belum menyusut ke ukuran sebelum hamil (perlu waktu enam sampai delapan minggu untuk perut menyusut). Bersabarlah dan yakin bahwa "mantan diri Moms" pasti akan kembali. Berapa lama waktu yang dibutuhkan tergantung pada sejumlah faktor seperti usia, tingkat kebugaran, jumlah kehamilan sebelumnya, dan genetika.

Ya, ada beberapa Moms bisa kembali langsing hanya dalam waktu beberapa minggu setelah bersalin. Tapi, tak jarang ada yang memerlukan waktu lebih lama dan tidak layak jika Moms membandingkan diri dengan mereka. Cobalah untuk berpikir bahwa pinggul yang semakin membulat dan perut yang menebal adalah harga yang tidak sebanding dengan kebahagiaan karena hadirnya kehidupan baru di rumah Moms, si Kecil yang lucu dan menggemaskan.

Kembali beraktivitas normal

Cobalah untuk menyisihkan tugas-tugas seperti memasak dan membersihkan rumah di dua sampai empat minggu pertama sehingga Moms dapat fokus beristirahat dan merawat bayi. Tidur sangat penting untuk pemulihan tubuh dan energi sehingga Moms bisa lebih mudah merasa positif terhadap diri sendiri. Kelelahan dan kurang tidur akan merusak emosi dan ini berpengaruh terhadap pikiran. Orang yang kelelahan cenderung berpikiran negatif tentang diri dan lingkungannya.

Jika sudah merasa siap, Moms bisa perlahan-lahan dapat mulai menambahkan latihan kembali berolahraga. Olahraga sangat penting untuk mengembalikan bentuk tubuh tapi jangan terlalu memaksa. Lakukan sesuai kemampuan. Jika  Moms melahirkan dengan cara normal, cobalah untuk mengawali dengan berjalan kaki di sekitar komplek, melakukan senam Kegel, dan peregangan lembut segera setelah pulang ke rumah. Moms yang melahirkan dengan cara caesar, sebaiknya bertanya dulu ke dokter kapan bisa memulai olahraga dan jenis olahraga apa yang dianjurkan. Yang jelas, sayatan di perut harus sembuh sepenuhnya sebelum Moms mulai melakukan latihan yang menargetkan otot perut.