27 Nov

Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir

Yang Terbaik untuk si Kecil
Oleh: Mitu Baby

Saat-saat si Kecil lahir sudah dekat? Moms dan keluarga pasti sudah tak sabar menantikannya. Selain rasa bahagia, mungkin terbersit kekhawatiran tentang cara merawat si Kecil yang segera lahir nanti. Tak perlu cemas, sebelum hari bahagia itu tiba, simak dulu beberapa tips dan petunjuk merawat bayi yang baru lahir. Semoga bermanfaat.

 

Lakukan ini terlebih dahulu

Setelah bayi lahir, ada beberapa hal yang perlu segera Moms lakukan sebagai bagian dari perawatan dan pemeliharaan si Kecil yang baru lahir.

1. Segera berikan ASI

Sebelum proses kelahiran, mintalah pada dokter atau perawat untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) setelah bayi lahir dan stabil. Bayi yang segera bertemu puting susu ibunya, diketahui lebih berkesempatan untuk belajar menyusui dengan pelekatan yang benar. Jika bayi bisa mengisap dengan benar, kelenjar susu akan terdorong memproduksi ASI lebih banyak. Setelah itu, minta agar Moms dan bayi dirawat dalam ruang yang sama (rooming in).

2. Posisikan bayi dengan benar

Tujuannya supaya bayi dapat mengisap susu dengan maksimal dan  mencegah puting Moms terlalu terluka dan sakit.  Sebelum Moms menempatkan bayi ke payudara, posisikan perutnya tepat terhadap Moms. Kemudian gelitik mulutnya dengan puting Moms untuk mendorong mulutnya terbuka lebar. Pastikan tidak hanya puting yang masuk ke mulutnya tapi juga sebagian aerola Moms.

3. Biarkan bayi menyusui

Jangan dulu membuat jadwal menyusui, karena bayi ingin menyusui kapanpun dia lapar. Jangan khawatir akan jumlah ASI. Semakin banyak bayi menyusui, semakin banyak juga ASI yang Moms produksi. Selain itu, kolostrum pada ASI bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh bayi, karena mengandung protein, vitamin dan mineral yang penting untuk tumbuh kembangnya.

4. Batasi kunjungan

Keluarga dan teman pasti ingin segera menjenguk dan melihat si Kecil. Tapi, pembatasan jam kunjungan perlu dilakukan karena Moms dan bayi perlu beristirahat. Selain itu,  batasilah jarak orang-orang yang berkunjung, karena bayi masih sangat rentan akan infeksi dari luar. Bila perlu, sediakan pembersih tangan antiseptik di dekat tempat tidur bayi.

5. Beri pakaian dengan benar

Baju bayi memang terlihat lucu. Tapi, lucu bukan patokan dalam memakaikan baju pada bayi yang baru lahir. Ingat Moms, sampai usia enam bulan, bayi belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Jadi, pakaikan baju yang cukup hangat namun tidak membuatnya gerah.

- - - - - -

Selain petunjuk-petunjuk di atas, Moms juga harus memperhatikan cara memandikan si Kecil yang baru lahir. Berikut tipsnya.

1. Bersihkan seluruh tubuh bayi dengan spons lembut yang telah dibasahi sampai dengan:

2. Tali pusat sembuh sepenuhnya (1-4 minggu)

3. Luka sunat sudah sembuh (jika bayi Moms laki-laki dan langsung disunat)

4. Tidak masalah jika Moms memandikan bayi tiga kali seminggu asalkan dengan sabun yang lembut.     Yang terpenting, segera bersihkan area genital bayi setelah buang air kecil atau besar dengan air hangat dan sabun.

Peralatan yang wajib Moms miliki:

  • Kain lap bersih.
  • Shampoo dan sabun bayi lembut, non alergi dan tidak pedih di mata.
  • Sikat lembut untuk merangsang kulit kepala bayi.
  • Handuk atau selimut.
  • Popok.
  • Spons mandi khusus bayi.

Komentar :


Liliana Liliani
Wah bagus banget artikelnya!
Admin
Hai Anindya, terimakasih telah membaca!
Rizki azis
artikel nya menarik sekali. terima kasih
Admin
Terimakasih Rizky, baca artikel menarik lainnya dari kami juga ya! :)
27 Nov
27 Nov
Yang Terbaik untuk si Kecil

Tips Kompak Mengurus si Kecil

27 Nov