27 Nov

Tips Merawat Diri Pasca Melahirkan

Me Time!
Oleh: Mitu Baby

Saat si Kecil lahir, tugas Moms akan bertambah berat namun menyenangkan. Selain fokus pada perawatan si Kecil yang lucu, Moms juga perlu merawat diri agar kondisi tubuh kembali fit seperti sebelum hamil. Periode ini biasa dikenal postpartum yang berlangsung enam sampai delapan bulan. Apa sih periode postpartum itu? Simak terus ya Moms.

 

Selama periode postpartum, fisik dan emosional Moms akan berubah. Hal ini salah satunya disebabkan pengalaman baru dalam merawat bayi yang baru lahir. Kadang, seorang Ibu sampai lupa mengurus dirinya sendiri. Padahal untuk mengurus si Kecil, dibutuhkan tenaga ekstra dan pikiran yang jernih. Berikut beberapa tips yang bisa Moms terapkan dalam merawat diri sendiri.

1. Gizi

Moms yang menyusui atau memberikan susu formula harus makan menu yang sehat dan seimbang. Ahli laktasi menyarankan Moms yang menyusui harus makan ketika mereka lapar. Tapi banyak Moms mungkin begitu lelah atau sibuk sehingga melupakan makanan. Rencanakan menu makanan yang sederhana dan sehat yang terbuat dari: Biji-bijian, sayuran yang bervariasi dan beraneka warna, buah-buahan, susu, protein baik hewani maupun nabati terutama yang rendah lemak seperti dari unggas yang disingkirkan kulitnya, ikan dan kacang-kacangan, minyak baik seperti zaitun.

2. Tidur cukup

Jam tidur bayi dan orang dewasa sudah pasti berbeda, dengan jam biologis yang berbeda pula. Bayi baru lahir  terbangun setiap tiga jam dan perlu diberi makan dan dibelai. Orang tua, khususnya Moms, dapat menjadi kewalahan dan lelah. Tidur delapan jam sehari mungkin tidak akan Moms dapatkan lagi selama beberapa bulan ke depan. Ikuti saran berikut ini agar Moms bisa memaksimalkan waktu tidur. Dalam beberapa minggu pertama, Moms harus dibebaskan dari semua tanggung jawab selain menyusui bayi dan mengurus dirinya sendiri. Tidurlah saat bayi tidur. Mungkin hanya beberapa menit dan terbagi menjadi  beberapa kali sehari, tapi menit-menit ini berharga untuk mengurangi rasa lelah dan penat. Menghemat langkah dan waktu. Letakkan tempat tidur bayi dekat dengan Moms sehingga Moms mudah untuk  menyusui di malam hari. Banyak orang tua baru menikmati kunjungan dari teman-teman dan keluarga, tapi sebagai ibu baru, Moms tidak  berkewajiban melayani tamu jika Moms merasa lelah. Jangan ragu mengatakan jika Moms butuh istirahat atau ingin menyusui. Jalan-jalan ke luar selama beberapa menit setiap hari.

3. Jangan ragu meminta bantuan

Bayi baru lahir memerlkan banyak perhatian. Meskipun banyak orangtua dapat merawatnya sendiri dengan baik, hadirnya orang lain untuk membantu kerjakan tanggung jawab rumah tangga membuat Moms lebih mudah menyesuaikan diri dengan kehadiran si Kecil. Orang tua dapat berkonsentrasi pada kebutuhan bayi dan diri sendiri, bukan cucian atau piring kotor. Bantuan ini bisa didapat dari pembantu, keluarga, teman, atau baby sitter. Siapa pun yang Moms putuskan untuk membantu, pastikan untuk menjelaskan harapan Moms kepada mereka.  Komunikasi adalah penting dalam mencegah perasaan sakit hati atau kesalahpahaman karena emosi Moms biasanya masih rapuh setelah melahirkan.