Belanja Mitu

Bayi 0-6 Bulan Bayi Baru Lahir 15 Oktober 2019

10 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Penting Disiapkan

Oleh: Mitu Baby

BAGIKAN

perlengkapan bayi baru lahir

Perlengkapan bayi baru lahir – Waktu lahir si Kecil sudah dekat? Semoga semua lancar sampai hari persalinan ya Moms. Selain persiapan pribadi, perlengkapan si Kecil pun mesti diperhatikan dengan seksama. Tidak perlu membawa barang terlalu banyak, cukup 10 perlengkapan berikut saja yang dipersiapkan.

Perlengkapan yang Dibutuhkan


1.    Baju Bayi


Perlengkapan bayi baru lahir yang pertama adalah baju bayi. Moms bisa menyiapkan baju bayi lengan panjang dan juga lengan pendek yang mana bisa disesuaikan sesuai kondisi. Saat memilih baju bayi perhatikan model dan juga bahannya. Bayi tidak bisa mentolerir baju dengan bahan yang kasar dan panas. Pilih baju yang terbuat dari bahan katun yang mana bisa menyerap keringat. Di cuaca yang panas dan terik ini baju bayi terbaik adalah yang terbuat dari bahan katun. 


2.    Popok Kain


Popok kain ini jumlahnya harus lebih banyak dibandingkan dengan baju bayi. Alasan mengapa popok kain ini dibutuhkan oleh bayi karena bayi baru lahir ini akan sering buang air kecil dan juga pup sehingga tingkat penggantian popok cukup tinggi. Jika di cuaca cerah Moms bisa bernapas lega karena popok bisa mudah kering namun yang menjadi masalah jika cuaca hujan dimana popok masih dalam kondisi basah dan lembap. Untuk memilih popok ini Moms bisa memilih yang kainnya mudah menyerap keringat, hindari memilih popok yang bahan kainnya panas karena akan membuat bayi merasa tidak nyaman. 


3.    Sarung Tangan dan Kaki


Perlengkapan bayi baru lahir yang harus Moms siapkan adalah sarung tangan dan kaki. Bayi membutuhkan sarung tangan ini untuk membuat kondisi tangan dan kaki bayi tetap hangat. Jika tidak menggunakan sarung tangan dan kaki tersebut bayi akan mudah terkena masuk angin atau kembung. Biasanya sarung tangan dan kaki ini sepasang sehingga saat membeli sarung tangan Moms akan mendapatkan sarung kaki. Pilih sarung tangan dan juga sarung kaki yang hangat seperti dari bahan rajut, waffle, maupun dari bahan wol.


4.    Topi Bayi


Perlengkapan bayi baru lahir yang bisa Moms siapkan selanjutnya adalah topi bayi. Topi bayi ini penting untuk melindungi ubun-ubun bayi. Sampai dengan usia 2 tahun bayi akan memiliki ubun-ubun kemudian pada usia di atas dua tahun ubun-ubun itu akan mengeras dengan sendirinya. Selain itu dengan menggunakan topi bayi Moms juga bisa menghindarkan bayi dari terpaan angin atau panas matahari. Untuk bisa mendapatkan topi terbaik Moms bisa menyesuaikannya dengan lingkar kepala bayi selain itu pilih bahan yang nyaman digunakan.


5.    Kojong Bayi


Peralatan yang Moms butuhkan selanjutnya adalah kojong bayi. Bagi Moms yang memiliki tempat tidur tanpa kelambu, maka kojong bayi masih dibutuhkan untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Pada pagi hari, bayi akan menghabiskan waktunya untuk tidur dimana nyamuk penyebab demam berdarah tengah berkeliaran. Selain itu bekas gigitan nyamuk akan menyebabkan kulit bayi mengalami bentol kemerahan yang gatal dan membuat bayi menjadi tidak nyaman. Dengan menggunakan kojong bayi, nyamuk tidak bisa menggigit kulit bayi. Harga dan bentuk kojong bayi ini bervariasi, Moms bisa menyesuaikannya dengan selera. Meski begitu pastikan kojong yang Moms gunakan aman dan tidak membahayakan bagi bayi.


6.    Perlak


Mungkin Moms sudah tidak asing dengan perlengkapan yang satu ini. Perlak bayi menjadi kebutuhan pokok yang harus Moms siapkan karena dengan perlak ini kasur Moms maupun kasur bayi akan terlindungi. Sifatnya yang anti air akan membuat air seni bayi tidak bisa menembus perlak tersebut.


7.    Bedong


Saat cuaca dingin bedong ini sangat diperlukan untuk membuat tubuh bayi tetap hangat. Jika Moms tidak tahu cara membedong dengan kain, Moms tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada bedong instan yang mana bisa digunakan tanpa repot. Untuk bisa mendapatkan bedong terbaik Moms bisa menyesuaikannya dengan ukuran tubuh bayi.


8.    Bak Mandi


Perlengkapan bayi baru lahir yang bisa Moms siapkan adalah bak mandi khusus bayi. Pilihlah bak mandi yang BPA Free, tidak luntur, dan juga terbuat dari bahan yang tebal agar tidak mudah bocor.


9.    Jemuran Bayi


Bayi membutuhkan jemuran khusus yang bisa digunakan untuk menjemur sarung tangan, popok, baju bayi, dan lain sebagainya dengan mudah. Agar awet, pilihlah jemuran bayi yang kokoh dan kuat agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.


10.    Handuk dan Selimut


Moms juga harus menyiapkan handuk dan selimut bayi. Untuk selimut dan handuk terbaik Moms harus memilih yang teksturnya lembut agar bayi nyaman ketika menggunakan handuk dan juga selimut tersebut. Selimut ini nantinya juga akan Moms gunakan untuk bepergian sehingga pilihlah yang bahannya tidak hanya lembut namun juga tebal.


Produk Perawatan Bayi


Selain memperhatikan beberapa perlengkapan bayi baru lahir di atas, Moms juga harus menyiapkan beberapa produk perawatan bayi yang penting untuk merawat dan melindungi kulit bayi. Salah satu produk perawatan bayi yang harus Moms siapkan adalah tisu basah bayi, yang praktis digunakan untuk berbagai kebutuhan. Agar aktivitas mandi makin bermanfaat, pastikan Moms memilih sabun bayi juga shampoo yang tidak pedih di mata dan mengandung bahan-bahan alami untuk menyehatkan dan melebatkan rambut. Setelah waktu mandi, bayi juga memerlukan produk perawatan   Moms juga harus menyiapkan kapas dan tisu basah khusus bayi yang aman, halal, dan juga tidak agar kulitnya wangi dan segar, seperti Mitu Baby Oil, bedak bayi cair Mitu Baby Liquid Powder dan Mitu Baby Cologne.


Mitu Baby memiliki rangkaian produk perawatan bayi dengan bahan-bahan alami sehingga aman bagi kulit bayi. Tidak hanya bahan-bahan yang aman bagi bayi, produk perawatan bayi dari Mitu Baby teruji secara klinis anti alergi atau hypoallergenic. Sertifikasi halal juga membuat Moms makin tenang saat memakai produk perawatan dari Mitu Baby.