Bayi 0-6 Bulan Bayi Baru Lahir 14 Januari 2019

4 Cara Jitu Cegah Gejala Alergi Debu Pada Bayi

Oleh: Admin

BAGIKAN

Kulit bayi terkenal sensitif sejak lahir. Itu kenapa merawatnya harus ekstra hati-hati dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Salah satu produk perawatan kulit bayi yang bisa Moms gunakan sehari-hari untuk si kecil adalah bedak cair Mitu Baby Liquid Powder. Memang apa manfaat bedak cair Mitu Baby Liquid Powder bagi si Kecil?

Bebas risiko alergi dan masalah pernapasan

Dibanding kulit orang dewasa, tekstur kulit bayi jauh lebih tipis sehingga cenderung lebih cepat kering dan teriritasi. Ditambah lagi, sistem imun bayi belum terbentuk sempurna untuk melawan zat-zat asing tersebut sehingga mereka cenderung lebih mudah terserang masalah pernapasan atau alergi; khususnya alergi debu.

Perlu diketahui bahwa salah satu pemicu alergi debu pada bayi adalah partikel debu halus dari produk perawatan rumah tangga yang berbentuk serbuk, semprotan, atau tabur yang terhirup. Itu sebabnya Moms juga tidak boleh sembarangan memilih dan menggunakan produk perawatan untuk kulit si Kecil.

Agar lebih aman, sebaiknya gunakan produk perawatan kulit bayi yang berbentuk cair atau losion, misalnya bedak cair Mitu Baby Liquid Powder. Bedak cair Mitu Baby aman buat si Kecil karena cepat menyerap di kulit dan tidak meninggalkan sisa serbuk kering di permukaan kulit, sehingga tidak akan terhirup bayi dan memicu masalah pernapasan akibat alergi debu.

Bedak cair Mitu Baby Liquid Powder juga sudah teruji sebagai produk perawatan kulit bayi yang hypoallergenic dan aman buat kulit sensitif si Kecil. Produk hypoallergenic mengandung sangat sedikit zat alergen (zat pemicu alergi) sehingga kecil peluangnya untuk memicu reaksi alergi ketimbang produk non-hypoallergenic.
 

Tidak mengiritasi kulit

Kulit bayi yang sensitif rentan iritasi dan jadi kering. Itu kenapa salah pilih produk perawatan kulit dapat makin memperburuk masalah kulitnya jika Moms tidak hati-hati. Maka, pastikan dulu bahwa produk tersebut memang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif si Kecil.

Bedak cair Mitu Baby Liquid Powder terbuat dari bahan-bahan alami seperti pro-vitamin B5, zink, dan ekstrak chamomile yang bersifat melembutkan dan menenangkan kulit bayi yang mudah teriritasi.

Vitamin B5 atau asam pantotenat terkenal akan kemampuannya untuk menjaga kelembapan kulit sehingga kulit bayi terasa lebih kenyal, sehat, dan halus. Ekstrak chamomile berperan sebagai zat antiradang alami yang telah terbukti membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan kulit akibat iritasi.

Sementara itu, zink membantu proses penyembuhan jaringan kulit yang teriritasi dan merupakan antioksidan yang melawan sekaligus mencegah pembentukan radikal bebas dalam jaringan kulit.
 

Mencegah ruam dan biang keringat

Bedak cair Mitu Baby Liquid Powder tidak mengandung bahan-bahan kimia keras seperti alkohol, paraben, phtalate, methylisothiazolinone dan methylchloroisothiazolinone, serta sodium laureth sulphate (SLS) dan sodium lauryl ether sulfate (SLES) yang dapat mengiritasi kulit bayi dan menyebabkan alergi.

Kombinasi dari bahan-bahan alami yang terkandung dalam bedak cair Mitu Baby Liquid Powder justru membantu mencegah munculnya ruam dan iritasi pada lipatan kulit bayi akibat gejala eksim atau biang keringat. Beberapa penelitian ilmiah, misalnya, melaporkan efek chamomile mungkin sama efektifnya dengan krim hidrokortison untuk mengatasi eksim.

Selain itu, bedak cair Mitu Baby Liquid Powder juga mengandung talcum yang berguna untuk menyerap kelebihan keringat di lipatan kulit bayi yang bisa menyebabkan biang keringat.
 

Mempererat bonding Moms dan si Kecil

Setiap ibu pasti memiliki ikatan batin dengan anaknya sendiri yang mulai terbentuk sejak bayi lahir. Nah, siapa menyangka bahwa sesi merawat kulit si Kecil setelah mandi juga sama pentingnya sebagai sesi bonding?

Mengoleskan bedak cair Mitu Baby Liquid Powder dengan tangan Moms membuka kesempatan bagi tubuh Moms dan si Kecil untuk memproduksi lebih banyak hormon oksitosin. Hormon oksitosin inilah yang berperan mempererat ikatan batin antara Moms dan si Kecil.

Selain itu, sudah cukup banyak studi yang menunjukkan bahwa kontak kulit langsung bisa menenangkan bayi, menstabilkan psikologis anak, memperbaiki kualitas tidur bayi, serta mengatur tekanan darah dan menjaga suhu tubuh bayi sehingga bayi tidak merasa kedinginan.

Tips memakai bedak cair Mitu Baby Liquid Powder untuk si Kecil

Begini cara memakaikan bedak cair Mitu Baby Liquid Powder yang aman untuk kulit bayi:

  • Coba dulu. Ketika akan menggunakan produk baru, oleskan dulu sedikit di punggung tangan bayi. Tunggu 2-3 jam untuk melihat apakah timbul reaksi alergi pada kulitnya. Jika tidak terjadi apa-apa, Moms boleh pakaikan bedak cair di seluruh tubuhnya.
  • Pakaikan bedak setelah mandi. Oleskan bedak cair dalam 2-3 menit setelah mandi saat kulit bayi masih terasa sedikit lembap. Cara ini membantu kandungan bedak lebih efektif menyerap dan mengunci sisa-sisa air mandi untuk menjaga kelembapan kulit bayi dari dalam.
  • Tuang dulu di tangan Moms. Jangan langsung menuangkan bedak di kulit bayi. Apalagi langsung di dekat wajahnya karena risiko cairan tak sengaja tertelan atau terhirup bayi akan lebih besar. Tuang dan ratakan dulu bedak di tangan Moms, jauh dari si Kecil. Barulah kemudian oleskan pada kulit bayi secara merata.
  • Oleskan tipis-tipis. Jangan mengoleskan bedak terlalu banyak atau terlalu tebal karena akan menghasilkan lapisan kerak kering yang bisa terhirup oleh bayi.
  • Bersihkan kelebihan bedak yang ada pada kulit bayi. Jika setelahnya Moms melihat ada kerak bedak di permukaan kulit si Kecil, lap sisa-sisa bedak yang masih menempel dengan kain lembap. Cara ini juga sekaligus mencegah kerak mengendap di lipatan kulit dan menyebabkan biang keringat.

Ingat, bayi yang sehat adalah bayi yang memiliki kulit sehat, halus, dan bersih, serta jauh dari risiko penyakit.