Kehamilan Bayi Baru Lahir 26 September 2018

4 Tanda Janin Sehat

Oleh: dr Gita Pratama, SpOG

BAGIKAN

Setiap Moms hamil pasti mempunyai kekhawatiran terhadap kondisi kehamilan dan juga janin dalam kandungan. Namun, kondisi ini sangatlah wajar, karena Moms tidak bisa melihat secara langsung kondisi janin di dalam kandungan. Selama kehamilan hingga menjelang hari persalinan, menjaga janin sangat penting. Berikut adalah beberapa tanda janin Moms sehat,

Gerakan

Sekitar lima bulan ke kehamilan, janin akan mulai bergerak. Gerakan janin yang pertama disebut percepatan, menurut Cleveland Clinic. Janin 6 bulan bereaksi terhadap suara dengan gerakan; gerakan tersentak yang dibuat oleh bayi  mungkin sinyal bahwa ia memiliki cegukan. Sekitar bulan ketujuh, janin dapat merespons rangsangan seperti nyeri, suara dan cahaya. Bayi juga  sering mengubah posisi saat bulan kedelapan, ia menendang lebih sering. Janin 9 bulan bergerak lebih sedikit karena ruang yang sempit. Dokter  mungkin akan  meminta Moms untuk melacak berapa banyak gerakan janin, dengan melakukan hitungan tendangan dan melaporkan setiap perubahan.

Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Dokter mungkin menjalankan beberapa tes rutin untuk mengukur perkembangan janin. Seperti pemeriksaan USG, yang dapat membantu dokter untuk melihat bayi, dan mengevaluasi pertumbuhannya.

Perubahan Posisi Pada Saat Pra-Persalinan

Meskipun gerakan bayi berakhir di bulan kesembilan, namun  bayi telah mengubah posisi untuk bersiap-siap keluar dari perut Moms. Ia akan  mengubah posisi dari dalam rahim ke dalam panggul dan kepala mulai menunjuk ke arah yang dibuat untuk melahirkan.

Adanya Gerakan Janin

Gerakan janin merupakan salah satu tanda janin sehat dalam kandungan. Moms bisa mulai merasakan gerakan janin pada usia kehamilan 16 hingga 20 minggu. Gerakan janin sehat bisa dirasakan sebanyak 6 hingga 10 kali dalam sehari. Gerakan janin seperti menendang, menggeliat, memukul akan terus bertambah kuat seiring usia kehamilan Moms.

Selama kehamilan, konsumsilah makanan bergizi seimbang dan berolahraga secara teratur agar tumbuh kembang janin di dalam kandungan semakin sehat. Berkomunikasi pada janin juga sangat penting untuk membentuk ikatan yang kuat antara Moms dengan bayi di dalam kandungan.