Belanja Mitu

Bayi 0-6 Bulan Bersih dan Segar 22 Februari 2021

Daftar Produk Perlengkapan Mandi Bayi yang Aman dan Tips Memilihnya

Oleh: Mitu Baby

BAGIKAN

Daftar rekomendasi produk perlengkapan mandi bayi yang aman

Perlengkapan mandi bayi yang aman – Tahukah Moms, jika waktu mandi merupakan waktu bonding yang baik antara Moms dan si kecil. Ini karena Moms akan melakukan usapan dan pijatan lembut pada kulit bayi yang akan membuatnya tenang dan rileks. Hal ini juga bermanfaat sebagai mempererat ikatan emosional. Nah agar bayi merasa aman dan nyaman, Moms perlu memperhatikan dalam memilih berbagai perlengkapan mandi bayi yang aman dan nyaman digunakan. Berikut ini Mitu Baby akan memberikan daftar perlengkapan mandi dan rekomendasi produk perawatan mandi yang aman bagi bayi.

Apa saja daftar perlengkapan mandi bayi yang aman untuk bayi?

  1. Bak Mandi
  2. Alas perlak
  3. Waslap
  4. Handuk
  5. Mainan bayi
  6. Sisir bayi
  7. Kapas
  8. Kasa steril
  9. Cotton bud
  10. Popok bayi
  11. Sabun mandi bayi
  12. Shampoo khusus bayi
  13. Minyak telon
  14. Baby oil
  15. Krim pelembab kulit bayi
  16. Tisu bayi antiseptik
  17. Bedak bayi
  18. Cologne atau parfum bayi

Bagaimana cara memilih perlengkapan mandi yang bagus dan aman untuk bayi?

  • Komposisi produk khusus untuk bayi
  • Kandungan aman dan teruji klinis
  • Anti alergi atau hypoallergenic
  • Perhatikan brand atau merek produk terpercaya dan terdaftar BPOM
  • Mempertimbangkan harga produk

Langkah langkah perawatan bayi setelah mandi?

Setelah kegiatan memandikan si kecil selesai, terdapat perawatan selanjutnya yang tidak kalah penting supaya tubuhnya senantiasa bersih, sehat, serta wangi. Berikut langkah yang dilakukan usai bayi mandi:

  1. Setelah tidak ada lagi sisa sisa busa sabun serta sampo, angkat bayi dengan tangan kiri di kepala serta tangan kanan di pergelangan kaki. Rapatkan kedua kaki si kecil dengan posisi telunjuk kanan Moms terdapat di antara kedua kakinya. Letakkan bayi di atas handuk yang sudah dibentangkan tepat di tengah- tengah.
  2. Tutup badan bayi dengan bagian handuk di sebelah kiri serta kanan, kemudian keringkan kepalanya dengan" sisa" handuk di bagian atas. Sehabis itu keringkan seluruh badannya, tangan serta kaki, kemudian pindahkan bayi ke atas susunan pakaiannya.
  3. Bersihkan tali pusat bayi, paling utama bagian yang dekat dengan dinding perut, dengan cotton buds yang sudah dibasahi alkohol 70%, kemudian bungkus pangkal tali pusat dengan kasa steril yang telah dicelup alkohol 70%. Caranya semacam membedong, yakni membentuk segitiga. Bila sisa tali pusat pendek, kasa cukup dibikin simpul. Yang berarti, pangkal tali pusat wajib tertutup.
  4. Olesi perut serta punggung bayi dengan minyak telon, apabila perlu. Boleh pula diberi krim pada daerah lipatan paha.
  5. Sehabis itu pakaikan popoknya, baru setelah itu bajunya. Berikutnya sisiri rambutnya.
  6. Bila bayi menangis terus sehabis mandi, boleh dibedong sebentar untuk menghangatkan tubuhnya. Kira- kira satu jam setelah itu, buka bedongnya supaya dia leluasa bergerak. 

Baca Juga: 

 

Yuk simak ulasan lengkap produk perlengkapan mandi bayi yang aman lainnya, Moms! Dan Jangan lewatkan Tips memilih produk perawatan kulit bayi dari Mitu Baby di halaman selanjutnya!

Halaman Selanjutnya
Halaman 1 2 3