Belanja Mitu

Bayi 0-6 Bulan Bersih dan Segar 15 Oktober 2019

5 Perlengkapan Mandi Bayi yang Harus Disiapkan

Oleh: Mitu Baby

BAGIKAN

perlengkapan mandi bayi

Perlengkapan mandi bayi – Tahukah Moms kalau waktu mandi adalah momen bonding yang baik antara Moms dan bayi? Usapan dan pijatan lembut Moms pada kulit bayi membuatnya tenang dan rileks sekaligus mempererat ikatan emosional. Agar bayi merasa nyaman dan sehat tanpa terkena iritasi, pilihan perlengkapan mandi bayi yang tepat tentu jadi prioritas, mulai sampo bayi, sabun bayi hingga peralatannya. Apa saja perlengkapan yang harus disiapkan untuk waktu mandi bayi? Baca sampai tuntas ya Moms.  

Produk Perawatan Kulit untuk Mandi


1.    Sabun Bayi


Tahukah Moms kalau kulit bayi cenderung lebih tipis 40 hingga 60 persen disbanding kulit orang dewasa? Kondisi ini membuat kulit bayi lebih rawan, sehingga diperlukan perawatan khusus dan lebih lembut. Hal ini tentu berpengaruh pada keputusan Moms saat membeli sabun bayi.  Mulai dari kadar PH, hingga kandungan sabun bayi yang aman bagi bayi. Mitu Baby Milk Bath mengandung Ekstrak Oatmilk yang menjaga kelembutan dan kelembaban kulit si Kecil. Wanginya yang alami juga jadi aroma terapi yang menenangkan si Kecil.

2.    Shampoo


Waktu mandi tentu tidak lengkap tanpa shampoo. Selain menyuburkan rambut, shampoo juga berfungsi menyehatkan rambut dan kulit kepala si Kecil. Amati apakah shampoo pilihan Moms mengandung Ekstrak Kemiri juga Urang Aring yang baik untuk pertumbuhan rambut, seperti Mitu Baby Shampoo. Mitu Baby shampoo juga dibuat tidak pedih di mata agar si Kecil merasa nyaman. 

3.    Sabun 2in1


Adakah produk sabun bayi yang bisa membersihkan rambut dan kulit kepala sekaligus? Mitu Baby memiliki produk sabun 2in1, yang bisa digunakan untuk keduanya. Tidak perlu ragu, karena Mitu Baby sabun 2in1 aman dipakai pada tubuh dan rambut, juga tidak pedih di mata.

Perlengkapan Mandi


Setelah perlengkapan mandi bayi tersedia, saatnya menyiapkan perlengkapan mandi yang ramah dan aman bagi si Kecil. Inilah lima perlengkapan mandi bayi yang perlu Moms siapkan.

1.    Bak Mandi


Perlengkapan mandi bayi pertama yang dibutuhkan adalah bak mandi. Karena tubuh bayi yang kecil, kedalaman bak mandi tentu tidak boleh terlalu dalam. Lebih baik jika bak mandi memiliki kaki dari karet, agar Moms tak khawatir slip saat bak mandi bergeser. Hal yang juga penting adalah sudut-sudut bak mandi. Hindari sudut yang tajam agar tak melukai kulit bayi. 
Pastikan bak mandi terbuat dari bahan bebas BPA juga tidak meleleh kandungan plastiknya saat terkena panas.


2.    Alas Bak Mandi


Pilihlah alas bak mandi yang anti-slip sehingga bayi tidak akan mudah tergelincir saat dimandikan. Memang beberapa bak mandi ini sudah ada alas khusus yang mana terpasang pada bagian dasar. Jika Moms tidak memiliki alas tersebut Moms bisa membelinya secara terpisah.


3.    Waslap


Moms juga membutuhkan waslap. Waslap ini digunakan untuk membersihkan badan bayi pada bagian-bagian tertentu seperti sela- sela jari, daun telinga dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, waslap juga digunakan mengusap tubuh bayi tanpa harus memandikannya. Misalnya saat bayi sedang sakit, Moms bisa menggunakan waslap yang dicelupkan ke dalam air hangat untuk membasuh dan membersihkan seluruh permukaan tubuh bayi.


4.    Handuk


Perlengkapan mandi bayi yang harus Moms siapkan selanjutnya adalah handuk. Sebelum Moms melepas pakaian bayi, sebaiknya siapkan handuk terlebih dahulu jangan sampai saat tubuh bayi sudah menyentuh air Moms lupa menyiapkan handuk. Hal ini akan menyebabkan bayi menjadi kedinginan dan terkena angin.


5.    Mainan


Rasanya sayang kalau waktu mandi hanya dipakai untuk membersihkan saja. Berikan stimulus pada si Kecil lewat mainan, agar saraf motoriknya juga terangsang dan membantu pertumbuhannya. Moms bisa memberikan mainan karet agar indera peraba si Kecil turut terangsang, hingga buih sabun untuk bantu pertumbuhan indera penglihatannya.

Tips Memilih Perlengkapan Mandi Bayi


1.    Aman Untuk Bayi


Baik produk perawatan maupun peralatan mandi yang Moms siapkan harus aman untuk bayi. Bahan-bahan pembuatannya harus aman dan teruji klinis. Sebagai contoh adalah bak mandi, hindarilah yang terbuat dari plastik daur ulang. Hal ini akan sangat berbahaya sekali untuk bayi. Moms harus patut curiga jika harga dari bak tersebut terlalu murah karena bisa jadi bak mandi tersebut terbuat dari plastik daur ulang.


2.    Dibuat Khusus untuk Bayi


Kebutuhan bayi dengan orang dewasa ini berbeda oleh sebab itu penting bagi Moms untuk bersikap selektif. Hindari produk perawatan dan peralatan yang memang tidak dikhususkan untuk bayi. Untuk perlengkapan bayi ada baiknya jika Moms memilih yang memang dirancang untuk bayi. 


3.    Harga


Ingat, masalah harga jangan memaksakan diri. Usahakan membeli bak mandi bayi yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Pilihlah dengan bijak bak mandi bayi kamu yang juga memiliki kualitas terbaik. Jika dengan budget terbatas namun sudah mendapatkan bak mandi bayi yang sesuai kebutuhan, kenapa harus memilih tipe bak mandi bayi yang jauh lebih mahal?