Belanja Mitu

Bayi 7-12 Bulan Perlindungan Kuman 26 September 2018

5 Trik Biasakan si Kecil Makan 5 Porsi Sayur & Buah Tiap Hari

Oleh: dr. Vinny, Sp.A

BAGIKAN

Moms pasti pernah mendengar anjuran makan sayur dan buah minimal lima porsi setiap hari atau setara dengan 2,5 cangkir. Sebenarnya, para ahli menganjurkan lebih dari itu.

Umumnya, tidak ada batasan berapa banyak jumlah maksimal sayur dan buah yang boleh Moms santap setiap hari, selama Moms tidak menggoreng atau menikmatinya dengan cocolan berlemak atau sarat gula. Meski demikian, biasanya kesulitan memenuhi anjuran sehat makan sayur dan buah ini.

Berikut adalah beberapa ide untuk membantu si Kecil menyukai sayur dan buah sejak dini.

  1. Mulai dengan sarapan. Sajikan satu atau dua porsi buah setiap pagi. Kombinasikan jenisnya supaya anak tidak bosan. Sereal dengan segenggam buah beri dan potongan apel adalah ide yang baik.
  2. Dapatkan energy ekstra dari sayur dan buah. Karbohidrat dari buah dan sayur adalah jenis karbohidrat yang baik. Kombinasikan dengan sumber protein seperti selai kacang, yogurt atau ayam panggang.
  3. Gandakan porsinya. Seperti disebut di atas, porsi 2,5 cangkir adalah porsi minimal yang dianjurkan dan para ahli lebih senang jika si Kecil makan lebih dari itu. Olah satu cangkir brokoli menjadi santapan lezat makan siang atau malam, ketimbang hanya setengah cangkir.
  4. Jadikan sayur dan buah sebagai salah satu bahan masakan apapun yang Moms sajikan. Si Kecil suka roti isi? Masukkan potongan sayur ke dalam roti gandum si Kecil, bersama dengan isian lain yang dia sukai, misalnya ikan atau ayam.
  5. Coba jenis sayur dan buah baru. Pelajari berbagai jenis resep masakan yang menuntut Moms mencoba berbagai jenis buah dan sayur. Tubuh si Kecil yang sedang tumbuh membutuhkan nutrisi dari berbagai jenis makanan sehat. Tetapkan untuk belajar satu atau dua resep baru setiap minggu. Cara lainnya adalah, mencoba menyajikan sayur atau buah sesuai musimnya saat ini. Apakah saat ini para petani sedang panen raya mangga dan kubis? Beli dan sajikan di rumah. Rasa sayur dan buah yang ada saat memang sedang musimnya, biasanya lebih nikmat ketimbang saat belum musimnya tiba.