Belanja Mitu

Bayi 0-6 Bulan Bersih dan Segar 16 Oktober 2019

6 Tips Cerdas Memilih Tisu Bayi Terbaik

Oleh: Mitu Baby

BAGIKAN

memilih tisu bayi

Tisu Bayi – Walaupun merawat bayi harus dilakukan secara cermat dan hati-hati, namun kepraktisan juga harus Moms utamakan. Hal ini penting agar Moms tidak terlalu repot untuk merawat kulit si Kecil. Tisu bayi seperti tisu basah misalnya, jadi satu benda wajib yang praktis. Dari sekedar menyegarkan kulit, membersihkan area di balik popok sehabis si Kecil buang air, sampai bersihkan kuman membandel yang ada di sekitar si Kecil. Tak perlu bolak-balik ke kamar mandi, tisu bayi membuat semuanya lebih mudah.

Namun, memilih tisu bayi juga tidak boleh sembarangan ya Moms. Selain kulit bayi yang masih sensitif, produk tisu bayi dengan kandungan tak ramah bayi juga bisa menimbulkan gangguan kulit. Moms juga tak perlu heram, kalau banyak varian tisu bayi yang beredar di pasaran. Seperti Mitu Baby, tiap warna kemasan tisu basah memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Yuk, simak sampai tuntas, 6 tips memilih tisu bayi yang perlu Moms ketahui.

 

Tips Memilih Tisu Bayi


1.    Pilih Varian Sesuai Manfaatnya


Apakah satu varian tisu basah bisa dipakai untuk semua keperluan si Kecil. Sebenarnya bisa saja tapi, tiap varian tisu basah memiliki kandungan khas yang bermanfaat untuk keperluan tertentu. Misalnya untuk ganti popok, tisu basah bayi dari Mitu Baby mengandung ekstrak chamomile dan vitamin E untuk mencegah ruam popok. Sementara tisu bayi antiseptik dari Mitu Baby, mengandung Tea Tree Oil atau antiseptik alami untuk membunuh kuman.


2.    Mengandung Pewangi Alami


Tisu bayi yang Moms pilih sebaiknya mengandung pewangi alami dan tidak mengandung pewangi sintetis. Jika tisu bayi yang Moms gunakan ini mengandung pewangi sintetis akan menyebabkan kulit bayi menjadi terinfeksi dan juga iritasi, karena sifatnya yang panas dimana ketika kulit bayi bersentuhan dengan tisu tersebut justru akan merasakan panas dan juga kering.


3.    Teruji Hypoallergenic (Anti Alergi)


Saat Moms memilih tisu bayi pilihlah produk yang teruji secara klinis anti alergi atau hypoallergenic. Kulit bayi yang sensitif sangat rentan terkena alergi dan mudah bereaksi terhadap barang atau bahan yang terkena langsung ke kulitnya. 


4.    Memiliki Tekstur Lembut


Untuk bisa menjaga kelembutan kulit bayi Moms bisa memilih tisu bayi yang teksturnya lembut. Semakin bagus tisu tersebut maka semakin lembut teksturnya. Tekstur tisu yang kasar hanya akan membuat kulit bayi menjadi kasar dan mudah iritasi. 


5.    Tidak Mengandung Bahan Pemutih


Saat ingin membeli tisu untuk bayi sebaiknya perhatikan apakah tisu tersebut mengandung pemutih atau tidak. Brand terkenal dan sudah memiliki BPOM biasanya anti bahan pemutih berbeda dengan yang belum memiliki nomor registrasi BPOM. Oleh sebab itu penting bagi Moms untuk tidak tergiur harga murah. Pastikan kandungan dan bahan-bahan pembuatannya jelas dan tidak mengandung pemutih atau bahan berbahaya yang lainnya. Selain itu Moms wajib waspada jika tisu bayi tersebut memiliki warna putih yang mencolok bahkan warnanya cenderung bersinar seperti lampu neon. 


6.    Non Alkohol


Biarpun alkohol bisa membunuh kuman, tapi bahan ini tidak ramah bagi kulit bayi yang masih sensitif. Kandungan alkohol pada tisu bayi juga bisa menyebabkan kulitnya alergi. Sebelum memilih tisu bayi, pastikan kadar alkohol nol persen atau tertera non alkohol.

Tips Menggunakan Tisu Basah


1.    Seka Kulit Si Kecil Secara Merata


Lap tisu basah pada bagian kulit bayi yang perlu dibersihkan. Misalkan pada bokong setelah si Kecil buang air, bentangkan tisu basah khusus ganti popok, lalu lap area yang terpapar kotoran hingga bersih. Namun jika Moms merasa bokong si Kecil dibilas dengan air, maka segera lakukan ya. 


2.    Lap Dengan Lembut


Hal yang harus Moms ketahui selanjutnya adalah jangan terlalu keras dalam menekan kulit bayi dengan menggunakan tisu basah ini karena hanya akan melukai kulit bayi. Selain itu jangan menggosok kulit dengan menggunakan tisu tersebut cukup tempelkan dan ditekan-tekan-tekan atau ditepuk, karena menggosok kulit bayi dengan tisu hanya akan menyebabkan kulit bayi menjadi iritasi bahkan lecet.


3.    Simpan Tisu Basah Dengan Baik


Karena tisu basah mengandung cairan, maka pastikan tempat tisu basah selalu tertutup agar tisu tidak kering. Saat selesai digunakan, segera tutup kembali dan simpan di tempat sejuk agar kualitasnya selalu terjaga. Jangan sampai tisu basah untuk merawat si Kecil terpapar kuman dan bakteri.


4.    Gunakan Varian Sesuai Kebutuhan


Saat si Kecil mulai aktif bermain, sediakan tisu bayi yang mengandung antiseptik. Mengapa? Untuk membasmi kuman di dalam dan luar rumah yang menempel pada tubuhnya. Bagaimana jika si Kecil baru lahir dan perlu tisu bayi yang khusus untuk kulitnya? Pilih tisu bayi yang lembut dan memang dibuat untuk kulit bayi yang sensitif. Untuk membersihkan area yang tertutup popok, pilih varian yang tepat agar kulitnya terlindungi dari ruam popok atau iritasi. 

Varian Tisu Bayi Dari Mitu Baby Dan Fungsinya


Mitu Baby memiliki aneka varian tisu basah bayi, yang dibuat dengan kandungan dan manfaat khusus. Untuk bayi yang baru lahir, Mitu Baby memiliki Mitu Baby Sensitive Wipes yang diperkaya Aloe Vera agar kulitnya lembab dan segar. Tisu bayi ini juga mengandung Ekstrak Chamomile untuk mencegah itirasi kulit.

Untuk keseharian si Kecil, varian Mitu Baby Fresh n Clean Wipes Blue dan Mitu Baby Fresh n Clean Wipes Pink tepat dibawa kemana pun Moms dan si Kecil pergi. Dua varian tisu bayi ini mengandung Chamomile untuk menjaga kehalusan dam kesehatan kulit si Kecil. 

Agar kulit yang tertutupi popok tidak iritasi, gunakan Mitu Baby Ganti Popok Wipes yang memiliki Vitamin E dan Ekstrak Chamomile agar kulit si Kecil terlindungi dari ruam popok. Selain kandungan tersebut, tisu bayi khusus ganti popok ini juga dibuat lebih lebar sehingga membersihkan lebih efektif. 

Saat si Kecil mulai aktif bermain, lindungi tubuhnya dari kuman. Selalu bersihkan mainan dan furniture di sekitar si Kecil dengan Mitu Baby Antiseptic Wipes. Setelah asyik bermain di luar rumah, lap tangan kakinya agar kuman tak terus menempel dan menyebabkan penyakit. Tisu bayi anti bakteri ini mengandung antiseptik alami yaitu Tea Tree Oil. 

Agar Moms makin yakin dan tenang, semua produk tisu bayi dari Mitu Baby sudah teruji secara klinis anti alergi atau Hypoallergenic. Tisu bayi dari Mitu Baby pun sudah tersertifikasi halal.