Kehamilan Bayi Baru Lahir 26 September 2018

7 Tips Agar Moms Hamil Tidur Nyenyak di Malam Hari

Oleh: dr Gita Pratama, SpOG

BAGIKAN

Salah satu keluhan Moms hamil adalah kesulitan untuk tidur. Menurut survei National Sleep Foundation, Amerika Serikat, sekitar 97% ibu hamil apalagi yang sebentar lagi memasuki masa persalinan, kerap terjaga di tengah malam. Kesulitan tidur ini jangan dianggap remeh ya Moms. Pasalnya, tubuh membutuhkan tidur untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang penting bagi Moms hamil.

Agar tidur Moms di malam hari tidak terganggu, cobalah tips berikut ini:

  • Melewatkan Tidur Siang
    Kantuk di siang hari, terutama pada trimester pertama, mendorong hampir setiap Moms hamil melakukan tidur siang. Tapi terlalu lama tidur siang bisa mengakibatkan Moms jadi lebih sulit untuk tidur malam. Jadi, sebaiknya hindari tidur siang, sehingga Moms akan mengantuk di malam hari.
  • Siapkan Bantal Ekstra
    Tidak peduli bagaimana Moms berbaring saat tidur, Moms akan membutuhkan banyak bantal untuk mendapatkan kenyamanan pada trimester ketiga. Mulailah dengan bantal tubuh yang panjang, kemudian tambahkan bantal kecil untuk kenyamanan ekstra.
  • Pasang Aroma Terapi
    Pasanglah aroma terapi yang bisa membuat pikiran dan tubuh Moms rileks. Kemudian berbaring dengan posisi yang senyaman mungkin, selipkan bantal di mana pun tubuh Moms terasa sakit. Pejamkan mata dan bersantailah sambil menghirup aroma hangat dari aromaterapi. Hal itu dapat membuat Moms tertidur dalam waktu singkat.
  • Mandi dengan Air Hangat
    Menjelang tidur, cobalah mandi dengan air hangat. Gunakan juga sabun yang dapat menimbulkan efek relaks, seperti lavender atau melati. Rasa segar yang ditimbulkan setelah mandi akan membantu Moms tidur lebih nyenyak.
  • Kurangi Asupan Cairan Beberapa Jam Sebelum Tidur.
    Mengurangi volume air minum menjelang tidur malam akan mengurangi frekuensi Moms ke kamar kecil. Karena itu disarankan agar Moms banyak minum air putih pada siang dan sore hari untuk memenuhi asupan cairan sebanyak dua liter per hari, namun kurangi jumlahnya pada malam hari.
  • Makan Sedikit Sebelum Tidur
    Saat hamil sering kali muncul keinginan makan sesuatu pada malam hari. Sebisa mungkin hindari makan terlalu banyak. Perut yang terlalu penuh dapat membuat Moms tidak nyaman sehingga mengganggu tidur. Untuk memenuhi nafsu makan yang muncul, cukup makan makanan ringan atau minum segelas susu hangat. 
  • Olahraga Ringan
    Moms dapat melakukan olahraga ringan selama 30 menit sehari untuk membuat tubuh Moms selalu bugar. Moms bisa melakukan Jalan cepat, berenang, bersepeda statis, dan kelas aerobik yang dirancang untuk wanita hamil. Namun, konsultasikan terlebih dulu pada dokter sebelum Anda mulai berolahraga. Selamat mencoba.