Bayi 0-6 Bulan Bayi Baru Lahir 15 Januari 2019

7 Tips Bijak Membedaki Bayi

Oleh: Mitu Baby

BAGIKAN

Memberikan bedak bayi merupakan salah satu perawatan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit si Kecil. Akan tetapi, Moms harus bijak dalam memberikan bedak pada bayi.
Manfaat bedak bayi seperti menjaga agar kulit bayi tetap kering dan bebas iritasi hanya akan optimal apabila bedak bayi digunakan dengan tepat. Lalu seperti apa cara yang paling tepat untuk memberikan bedak bagi si Kecil? Simak tips-tipsnya di bawah ini, yuk, Moms!


1. Pilih bedak bayi yang bentuknya cair
Moms mungkin bertanya-tanya, kenapa harus bedak bayi yang bentuknya cair? Bedak cair Mitu Baby Liquid Powder lebih aman bagi si Kecil karena teksurnya yang mirip losion terasa halus di kulit, bebas serbuk seperti pada bedak tabur yang bisa terhirup masuk ke paru-paru bayi.
Di samping itu, bedak cair lebih mudah diratakan dan dioleskan pada kulit bayi, terutama pada bagian lipatan kulitnya yang agak sulit dijangkau. Dengan tekstur yang cair, bedak cair Mitu Baby Liquid Powder pun lebih cepat meresap dalam kulit si Kecil. 
Bedak bayi cair Mitu Baby juga wanginya lembut bagi bayi, sehingga tidak akan menyengat atau mengganggu si Kecil. Dengan begitu, Moms bisa menjaga kesehatan kulit sekaligus sistem pernapasan si Kecil. 


2. Berikan bedak sehabis mandi atau setelah ganti popok 
Memberikan bedak pada bayi sehabis mandi atau ganti popok penting untuk menjaga agar kulitnya tetap kering dan halus, bebas iritasi karena lembap atau keringat. Jadi setelah mandi atau ganti popok, Moms bisa mengoleskan bedak cair Mitu Baby Liquid Powder pada kulit bayi. Ini karena setelah dibersihkan, kulit bayi lebih mudah serta cepat menyerap bedak cair. Dengan begitu, manfaat bedak cair dalam merawat kulit si Kecil pun jadi lebih maksimal.
Lalu saat memandikan si Kecil atau waktu mau mengganti popoknya, Moms harus membersihkan sisa bedak cair yang menempel pada kulitnya. Ini supaya tidak ada bedak cair yang menumpuk di kulit si Kecil dan membuatnya tidak nyaman. 


3. Perhatikan cara memberikan bedak bayi yang tepat
Bedak bayi dalam bentuk cair jauh lebih mudah diratakan pada kulit. Akan tetapi, Moms sebaiknya tidak langsung menuangkan bedak bayi bentuk cair ke kulit si Kecil. Tuang dulu bedak bayi secukupnya ke telapak tangan Moms, usap hingga merata, baru oleskan pada kulit si Kecil. 
Ini dilakukan supaya bedak lebih merata dan tidak membuat bayi cemong-cemong. 
Kemudian agar lipatan-lipatan kulit bayi tidak lembap dan rentan infeksi, oleskan bedak cair Mitu Baby Liquid Powder secukupnya. Terutama pada leher, ketiak, siku, lutut, pantat bayi, dan area yang tertutup popok bayi.     


4. Pijat si Kecil saat mengoleskan bedak cair
Memberikan bedak pada bayi bisa menjadi kesempatan yang baik untuk menguatkan emotional bonding antara Moms dan si Kecil. Caranya yaitu saat mengoleskan bedak cair Mitu Baby, berikan pijatan lembut pada seluruh tubuh si Kecil. 
Moms bisa mulai dari bagian atas seperti leher, bahu, tangan, dan punggung, kemudian lanjut ke kaki.  


5. Jauhkan botol bedak bayi dari jangkauan si Kecil
Ketika memberikan bedak pada bayi, sebaiknya Moms pastikan botol bedak tidak mudah dijangkau atau tersenggol oleh si Kecil. Setelah digunakan, Moms juga harus segera menutup rapat botol bedak agar tidak mudah tumpah.