Belanja Mitu

Bayi 0-6 Bulan Bersih dan Segar 16 Oktober 2019

8 Tips Cerdas Memilih Sabun Bayi Terbaik

Oleh: Mitu Baby

BAGIKAN

memilih sabun bayi

Sabun bayi – Siapakah yang masih galau saat memilih sabun bayi? Satu hal yang perlu Moms ingat, harga belum tentu menjamin kualitas sabun bayi yang beredar di pasaran. Perlu diperhatikan juga, kulit bayi masih sensitif akan bahan-bahan kimia penyebab kulit rusak dan penyakit. Sebelum galau memilih sabun bayi, luangkan waktu Moms yuk untuk membaca 8 tips cerdas berikut, agar sabun bayi yang dibeli bermanfaat untuk bayi.

Memilih Sabun Bayi yang Tepat


1.    Ketahui kondisi jenis kulit bayi


Hal pertama yang harus Moms ketahui saat akan memilih sabun bayi adalah mengetahui kondisi kulit bayi terlebih dahulu. Untuk bisa memberikan perawatan dan perlindungan yang maksimal ini harus disesuaikan dengan kondisi kulit bayi masing-masing. Pasalnya kulit bayi ada yang sensitif sehingga bahan tertentu dimana bahan tersebut akan menyebabkan kulit bayi menjadi bermasalah. Untuk mengecek apakah bayi memiliki kulit sensitif atau tidak perhatikan setelah mandi, apakah bayi moms tersebut mengalami gatal-gatal, ruam merah, bintik merah, dan gangguan kulit lainnya. Coba ulangi lagi menggunakan sabun bayi yang sama, jika menunjukkan gejala yang sama itu tandanya bayi moms tidak cocok dengan sabun tersebut, ketahui bahan-bahan apa saja yang membuat bayi moms sensitif agar moms bisa menemukan 
sabun yang benar-benar tepat.

2.    Mengandung gliserin


Tips selanjutnya yang bisa moms lakukan adalah pilih yang mengandung gliserin.  Kulit bayi akan kenyal, lembut, dan lembap jika diberikan sabun yang mengandung gliserin. Tidak hanya itu saja dengan sabun yang mengandung gliserin kulit bayi tidak akan mudah kering dan iritasi.

3.    pH seimbang


Yang membuat skincare dan perawatan orang dewasa ini tidak sama dengan bayi karena pH nya berbeda. pH orang dewasa jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bayi oleh sebab  itu produk perawatan bayi tidak cocok untuk dewasa begitu pula sebaliknya. Untuk memilih sabun bayi yang terbaik, moms bisa mengecek kemasan pada sabun tersebut apakah ada pH  balance atau tidak, jika iya maka pH sabun tersebut telah diseimbangkan dan disesuaikan agar bisa mendekati nilai pH kulit bayi sehingga bisa membantu moms menjaga kesehatan lapisan kulit bayi.

4.    Tidak menimbulkan alergi


Tips memilih sabun bayi selanjutnya adalah pilih yang tidak menimbulkan alergi. Sabun bayi terbaik sudah teruji klinis hypoallergenic yang artinya saat dipakai oleh bayi produk tersebut tidak aka menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Jika tidak ada tulisan hypoallergenic moms seharusnya waspada karena ketika produk tersebut digunakan bayi bisa terkena iritasi dan juga alergi.

5.    Tidak mengandung alkohol


Kulit bayi tidak bisa terpapar alkohol karena sifat alkohol tersebut keras dan bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Saat ini sudah hampir semua skincare khusus bayi sudah alkohol free moms, namun ada baiknya jika moms tetap bersikap teliti dengan mengecek bahan atau kandungan abun tersebut. Sabun bayi yang mengandung alkohol di telapak tangan terasa panas sehingga hal tersebut akan berdampak buruk pada kulit bayi dimana tidak jarang bisa menyebabkan kulit bayi menjadi merah bahkan sampai melepuh.

6.    Bebas pewangi


Mungkin sebagian moms menginginkan sabun bayi yang digunakannya wangi. Tapi tahukah moms jika sabun yang mengandung pewangi ini akan menyebabkan bayi mengalami iritasi terutama bagi bayi yang memiliki kulit sensitif, oleh  sebab itu pilihlah sabun yang bebas dari pewangi terutama jika bayi moms memiliki kulit sensitif.

7.    Bebas paraben


Sabun bayi terbaik adalah yang bebas paraben. Paraben ini adalah bahan yang digunakan sebagai pengawet dan juga pencegah kontaminasi bakteri dan jamur dalam sebuah produk. Meski begitu produk bebas paraben ini harus diwaspadai karena nantinya bisa meningkatkan risiko terkena kanker jika digunakan dalam jangka waktu panjang.

8.    Pilih sesuai kebutuhan


Untuk bisa memberikan perawatan dan juga perlindungan terbaik moms bisa memilih sabun bayi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Sabun bayi ini terbagi menjadi dua macam yaitu sabun batangan dan juga sabun cair. Untuk traveling ini ada baiknya jika moms memilih sabun cair sedangkan jika digunakan untuk di rumah atau sehari-hari moms bisa menggunakan yang batangan. Untuk sabun batangan ini ada baiknya jika moms memperhatikan cara penyimpanannya agar tidak mudah lembek.


Kelebihan Sabun Bayi Cair dan Batangan


Saat mendengar sabun bayi, moms langsung teringat dengan dua jenis sabun yang sering digunakan yaitu sabun cair dan juga sabun batangan. Kedua jenis sabun ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu agar moms bisa mengetahui jenis sabun bayi apa yang dibutuhkan harus mengetahui kelebihan dan juga kelemahan masing-masing jenis sabun terlebih dahulu. Untuk sabun cair ini memiliki kelebihan berupa lebih higienis dikarenakan sabun tersebut tidak akan bersentuhan langsung dengan tangan pengguna. Soal keharuman lebih harum dibandingkan dengan sabun batangan, lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana, dan yang terakhir adalah sabun lebih mudah menyebar ke seluruh bagian tubuh sampai ke sela-sela tubuh bayi. Kekurangan dari sabun cair adalah sabun ini memiliki banyak pewarna dan juga pewangi yang mana tidak cocok khusus bayi yang memiliki kulit sensitif dan tidak jarang justru menimbulkan iritasi. Sabun cair juga lebih boros karena pemakaiannya sering berlebihan.


Khusus untuk sabun batangan ini lebih murah jika dibandingkan dengan sabun cair, bentuknya lebih padat sehingga lebih mudah dipegang atau digunakan. Tidak hanya itu saja sabun batangan ini juga pemakaiannya akan jauh lebih hemat karena bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Sabun batangan sangat cocok bagi bayi dengan kulit sensitif karena tidak mengandung bahan pewangi yang berlebihan. Kekurangan dari sabun batangan ini adalah tidak higienis karena langsung bersentuhan dengan kulit bayi sehingga menjadi media perpindahan kuman dan bakteri.


Sabun Bayi Terbaik


Untuk bisa memberikan perawatan terbaik, moms bisa merawat bayi moms dengan produk dari Mitu. Mitu selama ini berdedikasi untuk memberikan perawatan dan perlindungan menyeluruh kepada semua bayi di Indonesia agar mereka bisa tumbuh berkembang dengan baik, aktif, dan juga ceria. Mitu memiliki produk sabun bayi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yang pertama adalah Mitu Baby Sabun 2 in 1 Honey Milk yaitu sabun yang juga bisa digunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala bayi. Selain itu sabun ini juga mengandung ekstra honey yang bisa menjaga kelembutan, kelembaban, dan kehalusan kulit. Sabun cair ini sudah teruji hypoallergenic atau anti alergi dan sudah memiliki sertifikasi halal. 

Mitu juga memiliki Mitu Baby Milk Bath yang terbuat dari bahan alami untuk merawat dan menjaga kulit bayi. Dilengkapi dengan ekstrak oat milk yang mampu menjaga kelembaban dan juga kelembutan bayi moms, selain itu cocok bagi bayi dengan kulit sensitif karena mampu mencegah iritasi. Vitamin A dan juga E bisa menjaga kesehatan kulit bayi, selain itu juga ada kandungan minyak alami seperti bergamot, orange, rose, dan ylang-ylang yang bisa memenangkan si kecil karena bersifat aromatherapy.