Belanja Mitu

Bayi 0-6 Bulan Bayi Baru Lahir 26 September 2018

Amankah Memberi Air Putih pada si Kecil?

Oleh: dr. Vinny, Sp.A

BAGIKAN

Moms pernah memberikan air putih untuk si Kecil? Biasanya alasan banyak Moms memberikan air putih adalah kekhawatiran jika si Kecil tidak mendapatkan cukup ASI. Air putih memang tidak berbahaya, namun, bolehkah memberikan air putih pada si Kecil, apa lagi jika usianya kurang dari 6 bulan?

Pemberian air putih bagi bayi di bawah 6 bulan sebaiknya tidak dilakukan. Hal tersebut dapat membahayakan si Kecil. Kecuali dalam hal tertentu, misalnya si Kecil dalam keadaan sakit atau atas anjuran dokter. Pemberian air putih pada si Kecil, seringkali dapat menyebabkan penurunan berat badan, dan pada si Kecil yang diberikan ASI akan mengurangi pasokan ASI.

Ini dikarenakan rasa air putih yang lebih segar dibanding ASI. Sehingga, si Kecil senang mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak, yang akhirnya membuat si Kecil merasa kenyang. Saat kenyang inilah, si Kecil akan menolak mengonsumsi ASI. Padahal, nutrisi yang terkandung dalam air putih jauh berbeda dengan nutrisi yang terkandung dalam ASI. Tak heran, jika kemudian si Kecil mengalami penurunan berat badan.

Selain itu, pemberian air putih yang berlebihan pada si Kecil juga dapat menyebabkan keracunan air, suatu kondisi dimana natrium (sodium) dalam darah akan dikeluarkan tubuh, menghambat fungsi tubuh normal dan menyebabkan suhu tubuh menjadi rendah atau kejang.Tidak hanya itu, kehilangan natrium juga dapat memengaruhi aktivitas otak.

Asupan terbaik bagi si Kecil kurang dari 6 bulan hanyalah ASI, susu formula pun bisa diberikan jika ada indikasi medis dan disarankan oleh dokter. Pemberian ASI merupakan asupan yang cukup nutrisi untuksi Kecil.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli gawat darurat anak dari John Hopkins Children’s Center yang bernama dr. Jennifer Andreas mengatakan tidak disarankan memberikan air putih pada si Kecil di bawah 6 bulan.

Pada si Kecil kurang dari 6 bulan, ginjal belum mampu mengeluarkan air dengan cepat, sehingga menyebabkan timbunan air di dalam tubuh yang dapat membahayakan si Kecil. Gejala awal dari indikasi keracunan air adalah si Kecil terus menerus merengek, mengantuk dan mengalami perubahan mental.

Air putih boleh diberikan pada si Kecil jika usianya telah lebih dari 6 bulan atau pada si Kecil yang sudah makan makanan padat atau MPASI. Dalam hal ini, sedikit air putih dapat diberikan setelah makan, agar bayi tidak sembelit. Selain itu,pemberian air putih pada si Kecil juga harus dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu, untuk menghindari segala kemungkinan yang bisa muncul dan membahayakan si Kecil.