Belanja Mitu

Bayi 7-12 Bulan Perlindungan Kuman 15 April 2019

Awas, Ada Kuman Di Balik Mainan Anak!

Oleh: Mitu Baby

BAGIKAN

Anak-anak tentu senang dengan mainan, apalagi dengan bentuk-bentuk yang unik dan lucu serta warna-warni yang menarik perhatian. Namun, di balik kesenangan tersebut ternyata ada bahaya yang mengintai, Moms.

Mainan anak rentan menjadi tempat bersarangnya kuman, bakteri, dan jamur yang menyebabkan penyakit pada anak. Penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa bakteri pada mainan anak lima kali lebih banyak daripada dudukan toilet, loh!

Eits, jangan lekas panik ya, Moms. Simak penjelasan berikut tentang bahaya kuman dan cara efektif mencegah paparan kuman.

Mainan dan Barang yang Rentan Berkuman

Playmat

Playmat atau alas main anak sudah tentu sering diinjak-injak dan jadi tempat berkumpulnya semua mainan anak. Kondisi tersebut membuat playmat sangat rentan terpapar kuman baik yang terbawa kaki anak dari banyak tempat maupun dari mainan-mainan yang tergeletak di atasnya.

Mainan Plastik

Mainan kategori plastik ini mencakup balok susun, boneka bentuk manusia maupun hewan, juga berbagai jenis kendaraan seperti mobil, kereta, dan pesawat terbang. Selain menjadi tempat bersarangnya kuman, pada anak-anak yang lebih kecil mainan ini juga sering kali dibawa ke mulut mereka sehingga berpotensi membawa penyakit pada sistem pencernaan anak.

Mainan Karet di Kamar Mandi

Bebek karet kuning atau mainan karet lainnya yang biasa menemani anak mandi sangat rentan menjadi sarang bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada sistem tubuh si kecil. Kondisi kamar mandi yang lembap juga memicu pertumbuhan jamur, yang ditandai dengan lendir berwarna kehitaman di bagian dalam mainan.

Barang-Barang di Rumah Lainnya

Selain mainan, anak-anak juga tertarik memainkan barang-barang yang berada dalam jangkauan mereka seperti remote TV atau AC, ponsel, dan gantungan kunci. Barang-barang ini kerap berpindah tangan dan lokasi yang menjadikannya rentan terpapar kuman dari berbagai sumber.

Cara Mencegah Paparan Kuman pada Anak
Mengetahui banyaknya mainan dan barang yang rentan terpapar kuman tidak perlu membuat Moms menjadi over protective. Biarkan anak mengeksplorasi sekitarnya, sementara Moms melakukan tindakan pencegahan.

Hal utama yang perlu Moms lakukan untuk mencegah paparan kuman pada anak adalah dengan menjaga kesehatan dan daya tahan tubuhnya lewat konsumsi makanan bergizi lengkap sesuai kebutuhan anak.

Hal penting lainnya adalah menjaga kebersihan tangan anak serta kebersihan mainan dan barang-barang tersebut di atas. Biasakan anak mencuci tangan sesudah bermain, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Bersihkan juga alas main dan mainan anak secara rutin dengan pembersih yang mengandung antiseptik untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme. Untuk kemudahan upaya menjaga kebersihan, Moms selalu bisa mengandalkan Mitu Baby Antiseptic Wipes.

Mitu Baby Antiseptic Wipes adalah tisu pembersih kuman yang mengandung Tea Tree Oil (antiseptik alami), permukaan Emboss untuk membersihkan lebih maksimal, dan Moisturizer agar kulit si kecil tetap lembut. Mitu Baby Antiseptic Wipes juga sudah teruji Hypoallergenic (anti alergi), tidak mengandung alkohol, dan tersertifikasi halal. Selain untuk membersihkan tangan dan kaki anak, Mitu Baby Antiseptic Wipes juga efektif untuk membersihkan mainan, alas main, atau barang-barang lainnya sebelum digunakan anak. 

Yuk, Moms, lindungi anak dari kuman dengan Mitu Baby Antiseptic Wipes! Dapatkan harga spesial di Mitu Official Store Tokopedia.