Bayi 7-12 Bulan Perlindungan Kuman 26 September 2018

Cara Meredakan Rasa Sakit Pada Si Kecil Saat Tumbuh Gigi

Oleh: dr. Vinny Yoanna, Sp.A

BAGIKAN

Proses pertumbuhan gigi pada si Kecil biasanya saat si Kecil berumur 6 sampai 12 bulan. Proses ini seringkali menyebabkan rasa sakit pada gigi si Kecil. Bahkan si Kecil sering rewel dan terkadangsi Kecil juga mengalami demam ringan saat proses pertumbuhan gigi.

Namun, Moms jangan khawatir, ada beberapa cara yang mudah dan alami untuk meredakan sakit saat si Kecil mulai tumbuh gigi.  

Memijat Gusi
Pijatlah secara perlahan gusi si Kecil. Tekanan lembut yang dilakukan saat memijat gusi si Kecil dapat meredakan rasa sakitnya. Tapi ingat, cucilah terlebih dulu tangan Moms hingga bersih sebelum melakukannya. Pastikan anak sedang nyaman saat akan melakukan tindakan tersebut.

Makanan Dingin
Jika si Kecil sudah bisa mengonsumsi makanan padat, coba berikan makanan dingin seperti saus apel dan yogurt untuk membantu meredakan rasa sakit pada gusinya.

Menyusui
Menyusui bisa menjadi salah satu alternatif meredakan sakit saat tumbuh gigi. Menggosokkan gusinya ke puting Moms, adalah cara si Kecil untuk meredakan rasa sakitnya. Namun biasanya, bayi tidak mau atau susah menyusui saat gusinya sakit akibat tumbuh gigi.

Buah Dingin
Berikan si Kecil buah dingin, seperti potongan apel, pear, melon dan pisang. Buah tersebut dapat menjadi camilan sekaligus pereda rasa sakit yang dirasakan si Kecil. Jangan lupa untuk mengukus buah-buah tersebut terlebih dulu agar tidak keras dan membuat gusi si Kecil bertambah sakit.

Perbanyak Aktivitas
Kadang-kadang perubahan suasana atau kegiatan diperlukan untuk membantu si Kecil mengalihkan perhatian dari rasa nyeri yang timbul akibat tumbuh gigi. Setidakuya untuk sementara ia melupakan sakitnya. Ajak si Kecil keluar rumah, misalnyas menghirup udara segar di taman dekat rumah.  Atau coba mandi dengan air hangat ajak bermain, kemungkinan itu dapat lebih santai dan melupakan rasa sakitnya.

Berikan Teether Dingin
Cara meredakan nyeri gusi saat si Kecil tumbuh gigi selanjutnya adalah dengan memberinya teether dingin untuk ia gigit. Sensasi dingin bisa meredakan nyeri gusi yang dialami si Kecil. Simpan teether dalam lemari es selama 15 menit, tapi jangan menaruhnya di freezer karena memberikan teether yang beku bisa berdampak buruk terhadap si Kecil.

Namun, jika kondisinya tidak kunjung baik, hingga sama sekali menolak untuk minum ASI dan makan, rewel dan terus menangis akibat sakit yang dirasakan, segera konsultasikan kepada dokter anak.