Kehamilan Bayi Baru Lahir 26 September 2018

Makanan Sehat Untuk Janin Saat Masa Kehamilan

Oleh: dr Gita Pratama, SpOG

BAGIKAN

Saat hamil, apa yang Moms makan, sangat berpengaruh terhadap janin di dalam kandungan. Selain perkembangan organ-organ  tubuh, perkembangan otak janin juga perlu diperhatikan. Otak janin mulai terbentuk sejak tiga minggu setelah pembuahan, dan makanan yang Moms konsumsi mempunyai peran penting dalam perkembangannya. Otak janin mengalami perubahan yang cepat antara minggu ke 24 dan 42 kehamilan, dengan pertumbuhan otak yang signifikan terjadi dari minggu 34. Makanan-makanan berikut ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi perkembangan otak janin di dalam kandungan:

  • Telur
    Kandungan kolin yang tinggi pada kuning telur akan mengembangkan sel-sel otak bayi menjadi lebih aktif dan sehat. Selain itu, kuning telur dapat menjadi sumber folat dan zat besi.
  • Kentang
    Vitamin A yang terkandung di dalam kentang sangat penting untuk perkembangan mata bayi, tulang dan kulit. Kentang juga penuh serat bergizi, vitamin B6, kalium (bahkan lebih banhyak dari pisang), vitamin C dan zat besi, dan beta-karoten.
  • Kacang
    Mengunyah makanan kaya magnesium seperti kacang, dapat membantu mengurangi risiko persalinan prematur dan membantu dalam pengembangan sistem saraf bayi. Selain magnesium, kacang juga mengandung serat, berbagai vitamin dan mineral.
  • Daging Ayam Tanpa Lemak
    Kandungan zat besi yang tinggi dan protein pada daging ayam tanpa lemak terbukti mampu membentuk dan meningkatkan kecerdasan bayi sejak dalam kandungan sampai masa persalinan tiba.
  • Jus Jeruk
    Kandungan folat, kalium dan, tentu saja, vitamin C, adalah nutrisi yang diperlukan untuk mencegah cacat lahir tertentu pada awal kehamilan dan untuk memastikan kehamilan yang sehat setelah itu. Jus jeruk penting untuk menjaga fungsi otot, metabolisme dan kesehatan.
  • Yogurt
    Plain yogurt sebenarnya mengandung lebih banyak kalsium dari susu, serta mengandung nutrisi yang penting untuk pertumbuhan tulang, termasuk protein, dan vitamin B. selain itu, yoghurt dapat melindungi otak janin yang sedang terbentuk.
  • Makanan jenis Oat dan sereal
    Sereal dan Oat mengandung vitamin B dan E yang tinggi yang dapat memberi cadangan energi pada otak bayi dan menjaganya dari berbagai macam serangan virus atau bakteri.
  • Pisang dan Keju
    Pisang dan keju mengandung mengandung asam amino yang mampu mengendalikan neurotransmitter kate koalmin dan serotin yang berguna mengatur emosi dan prilaku janin selama sel sel otaknya berkembang.

Ketika Moms hamil, penting untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat dari nutrisi yang Mom dan janin butuhkan. Moms tidak perlu diet khusus, dengan hanya makan makanan yang bernutrisi akan membantu Moms dan janin tetap sehat.