Bayi 7-12 Bulan Bayi Baru Lahir 26 September 2018

Mengenal Susu Formula

Oleh: dr. Vinny, Sp.A

BAGIKAN

Asupan terbaik bagi bayi adalah air susu ibu (ASI). Namun, ada sebagian Moms yang tidak dapat memberikan ASI secara maksimal karena beberapa hal. Di antaranya adalah faktor hormon dan produksi ASI yang sedikit ataupun menurun.

Salah satu cara yang dapat ditempuh agar sang buah hati tetap bisa mendapatkan asupan adalah dengan memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Susu formula merupakan susu yang terbuat dari susu sapi yang telah diproses sehingga lebih mudah dicerna si Kecil, dan tidak mengandung mineral yang berlebihan.  Dalam susu formula terdapat kandungan lemak, protein, karbohidrat, dan vitamin sehingga dapat mendukung perkembangan anak dan mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Berikut adalah berbagai macam tipe susu formula yang bisa Moms pilih untuk si Kecil:

Susu formula sapi

Susu formula ini termasuk yang paling mudah didapatkan. Formula susu sapi mengganti lemak susu dengan minyak nabati dan lemak lainnya sehingga lebih mudah untuk dicerna, dan baik bagi pertumbuhan bayi. Di samping itu, formula ini diperkaya dengan zat besi sehingga dapat mengurangi tingkat anemia dan mendukung perkembangan otak secara optimal. Jika Moms ingin memberikan formula ini jenis ini, American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk memberikan formula yang diperkaya zat besi pada si Kecil yang tidak mendapatkan ASI, atau yang hanya mendapatkan sedikit ASI dari lahir sampai usia satu tahun.

Susu formula hidrolis (hidrolisat)

Susu formula hidrolis (hidrolisat) memiliki kandungan protein yang telah diproses secara lebih lama  dan halus, yang membuat susu ini bisa dengan mudah dicerna si Kecil. Pemberian susu formula hidrolis secara bertahap dan berkelanjutan dapat mencegah/membantu mengatasi penyakit kulit dan baik diberikan pada bayi yang memiliki alergi susu sapi dan masalah usus. Susu ini disarankan diberikan  setelah bayi diberikan ASI eksklusif selama enam bulan karena akan memberikan manfaat yang lebih maksimal.

Susu formula kedelai

Seperti namanya, formula ini mengandung protein yang berasal dari kedelai dan karbohidrat. Formula susu kedelai merupakan alternatif yang baik bagi beberapa bayi yang memiliki kesulitan untuk mencerna dan menyerap laktosa, atau pun memiliki masalah pada system pencernaannya. Susu ini aman diberikan pada bayi  yang memerlukan diet laktosa dan mendukung pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Susu formula kedelai direkomendasikan untuk alternatif pilihan pertama pada penderita alergi susu sapi pada usia di atas 6 bulan.

Sebaik-baiknya susu formula, tidak akan bisa menandingi manfaat ASI. Namun jika tidak memungkinkan memberi ASI secara eksklusif, susu formula juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.  Jika Moms masih bingung untuk menentukan mana susu formula yang cocok bagi si Kecil, segera konsultasikan pada dokter untuk membantu merekomendasikan susu formula yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan anak.

Setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter, sebaiknya Moms mengikui petunjuk terkait persyaratan makan dari mulai jumlah takaran, jadwal pemberian, serta persiapan khusus pra-susu formula. Terpenting, Moms tidak perlu takut untuk memberikan susu formula pada si Kecil, karena untuk menjaga standar keamanan kesehatan, pemerintah telah mengatur isi/kandungan setiap susu formula bayi.