Belanja Mitu

Bayi 0-6 Bulan Bayi Baru Lahir 15 Juli 2019

Mitos Fakta Pemakaian Bedak Pada Bayi

Oleh: Mitu Baby

BAGIKAN

Masalah kesehatan si Kecil tentunya menjadi perhatian utama Moms, tidak terkecuali kesehatan kulit si Kecil. Kulit si Kecil yang masih bayi cenderung masih sensitif, sehingga Moms harus berhati-hati dalam merawat kesehatan kulitnya. Mulai dari mencari informasi sendiri hingga mendengarkan saran dari lingkungan sekitar, semua cara mungkin Moms lakukan agar kulit si Kecil terhindar dari ruam dan iritasi.
Bedak biasanya jadi produk favorit Moms untuk merawat kesehatan kulit si Kecil. Pemakaian bedak pada si Kecil mungkin sudah menjadi bagian penting pada hari-hari tumbuh kembangnya. Meskipun begitu, Moms baiknya benar-benar memahami informasi tentang pemakaian bedak pada si Kecil dengan mengetahui mana yang merupakan fakta atau hanya mitos belaka.

Berikut ini adalah beberapa mitos dan fakta seputar perawatan kulit bayi dengan bedak yang perlu Moms perhatikan agar Moms bisa merawat kulit si Kecil dengan benar dan aman.

Wajib Pakai Bedak saat Ganti Popok - MITOS
Membedaki area kelamin si Kecil setelah ia pipis atau buang air besar sangat sering dilakukan oleh orang tua pada umumnya. Padahal pemakaian bedak pada area kelamin si Kecil sangat tidak dianjurkan, jadi hal ini hanyalah kebiasaan atau mitos yang tidak baik untuk kesehatan si Kecil. Moms hanya perlu membersihkan alat kelamin si Kecil dan sekitarnya dengan tisu basah atau kapas basah, kemudian lap dengan handuk kering yang bersih sebelum si Kecil pakai popok atau celana.

Bedak Tabur Berbahaya untuk si Kecil - FAKTA
Faktanya, risiko kesehatan yang disebabkan oleh bedak tabur ternyata bisa berdampak serius pada si Kecil. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh American Association of Pediatrics (AAP) pada tahun 2017, bedak tabur tidak direkomendasikan untuk digunakan pada bayi. Hal ini karena partikel bahan mineral (talc) yang terkandung dalam bedak tabur dapat membahayakan sistem pernapasan si Kecil. Bayi yang sering menghirup partikel bedak tabur dapat menderita sesak napas dan batuk kronis.

Setelah Mandi si Kecil Harus Pakai Bedak - MITOS
Memakaikan bedak pada si Kecil setelah ia mandi tentunya akan membuat tubuh si Kecil lebih harum dan segar. Namun, sebenarnya hal ini harus dihindari jika kelembaban udara sedang tinggi. Jika Moms ingin memakaikan bedak pada si Kecil, pastikan tubuh si Kecil benar-benar kering agar bedak tidak bercampur dengan air yang malah akan menyebabkan kuman dan bakteri mengendap pada kulit si Kecil dan bisa menimbulkan iritasi kulit. Jika kulit si Kecil cenderung kering, maka sebaiknya diberikan lotion khusus untuk menjaga kelembaban kulitnya.

Bedak Cair Lebih Aman untuk Pernapasan si Kecil - FAKTA
Bedak cair lebih aman untuk kesehatan pernapasan si Kecil karena berbentuk lotion, bukan bedak tabur yang partikel halusnya mudah tersebar dan terhirup oleh si Kecil. Bedak cair Mitu Baby Liquid Powder bisa jadi solusi bagi Moms untuk menggantikan bedak tabur agar perawatan kulit si Kecil lebih aman bagi pernapasannya. Mitu Baby Liquid Powder cocok digunakan untuk segala jenis kulit bayi. Teksturnya juga cair dan ringan sehingga cepat meresap di kulit si Kecil. Kandungan ACTI NATURA (Vit-B5, Chamomile, Zinc, dan Talc) menjaga kulit si Kecil tetap sehat, lembut, bebas keringat dan iritasi, khususnya pada area lipatan kulit si Kecil. Mitu Baby Liquid Powder juga sudah Hypoallergenic tested sehingga tidak menimbulkan alergi. Yang membuat makin aman, produk ini juga tersertifikasi halal.

Cara penggunaan bedak cair Mitu Baby Liquid Powder pun sangat mudah. Moms tinggal tuang Mitu Baby Liquid Powder pada telapak tangan Moms, lalu usapkan dengan lembut ke anggota tubuh si Kecil yang memerlukan bedak bayi, seperti tubuh, lipatan tangan dan kaki, serta wajah si Kecil.
Dapatkan dengan promo menarik di  Mitu Baby Liquid Powder dengan promo menarik di Godrej Official Store LazadaGodrej Official Store Bukalapak atau Godrej Official Store Shopee.