Kehamilan Bayi Baru Lahir 26 September 2018

Olahraga Populer Untuk Moms Hamil

Oleh: dr Gita Pratama, SpOG

BAGIKAN

Mungkin Moms pernah mendapat saran dari dokter untuk lebih banyak beristirahat saat hamil. Kalau pun ingin berolahraga harus mendapat persetujuan dari dokter.

“Dokter umumnya memang memberitahu kepada ibu hamil untuk istirahat lebih banyak, tetapi sekarang kita tahu bahwa itu tidak benar. Gaya hidup selama kehamilan berkaitan dengan peningkatan berat badan secara berlebihan yang dapat mengakibatkan diabetes gestasional dan komplikasi lainnya,” kata Raul Artal, M.D., Profesor dan Ketua Emeritus di Departemen Kebidanan, Ginekologi, dan Kesehatan Perempuan di St. Louis University School of Medicine.

Selain mencegah kenaikan berat badan berlebihan, olahraga juga bisa meredakan stres.  “Latihan selama kehamilan membantu mengurangi stress, mencegah depresi prenatal, dan meredakan kecemasan,” kata Kristina Pinto, Ed. D., seorang ahli kebugaran dan penulis Fit and Healthy: How to Stay Strong and in Shape for You and Your Baby. “Berolahraga juga memungkinkan para Moms untuk meningkatkan kesehatan jantung dan melatih kekuatan selama dari awal kehamilan hingga pemulihan pasca melahirkan.”

Meski begitu, tidak semua olahraga aman dilakukan oleh Moms hamil. Agar tetap sehat dan bugar, kuncinya adalah Moms mengetahui latihan mana yang aman dan tidak selama kehamilan. Berikut ini olahraga yang sedang populer dan aman untuk Moms hamil yang dapat Anda pilih.

Kelas Barre

Barre adalah salah satu jenis latihan gabungan yang terdiri dari gerakan yoga dan pilates yang membentuk kekuatan, fleksibilitas, dan kebugaran tubuh yang tergabung dalam satu program.

Renang

Renang merupakan salah satu latihan yang paling aman untuk dilakukan Moms hamil. Para ahli mengatakan. “Saat berenang tidak ada tekanan pada sendi dan ligamen, daya apung air juga membantu wanita hamil meresa lebih ringan,” kata Artal.

Yoga

“Manfaat yoga yang luar biasa adalah dapat merilekskan pikiran dan merentangkan tubuh Anda,” kata Pinto. Cara ini sangat baik bagi ibu hamil untuk menjernihkan pikiran dan berdamai dengan rasa cemas yang mungkin Anda pikirkan mengenai kehamilan atau siap-siap menyambut buah hati Anda.

Pilates

Mirip dengan yoga, pilates melemaskan otot-otot saat Anda mengkoordinasikan pernapasan dengan gerakan tubuh Anda. “Pilates aman untuk Moms hamil, selama Moms tidak melakukan peregangan secara berlebihan yang dapat melampaui kemampuan Moms,” jelas Pinto. Hindari berbaring yang bertumpu pada bagian belakang tubuh Moms, tanyakan pada instuktur untuk modifikasi gerakan latihan.