Bayi 0-6 Bulan Bayi Baru Lahir 26 September 2018

Perkembangan Panca Indera Bayi di Enam Bulan Pertama

Oleh: dr. Vinny Yoanna, Sp.A

BAGIKAN

Tahukah Moms kalau 1000 hari pertama si Kecil adalah masa-masa penting bagi pertumbuhannya? Seiring si Kecil tumbuh, panca inderanya pun turut berkembang, juga motoriknya. Saat usianya sudah enam bulan misalnya, dia telah pandai menendang, kan? Apa lagi yang Moms perlu ketahui tentang bayi di enam bulan pertama kehidupannya? Ini dia jawabannya Moms.

  • Penglihatan
    Setelah tertarik dengan gerakan besar dan warna-warna berani selama beberapa bulan, bayi akan mulai memperhatikan detail kecil, misalnya anting yang Moms pakai, bunga-bunga di baju Moms, dan hidung di boneka beruangnya. Dia akan memerhatikan dan mencoba menjangkau dengan kepalan tinjunya. Gerakan jari yang lebih halus akan datang beberapa saat kemudian.
  • Sentuhan
    Bayi di usia ini tertarik pada tekstur yang berbeda, misalnya merasakan air yang mengalir melalui jari-jari mereka, meremas bola kertas, atau meletakkan tangan mereka di sepanjang bilah rumput.
  • Berpindah atau bergerak
    Beberapa bayi memilih untuk merangkak, yang lainnya berguling atau berpindah dengan menyeret tubuh bagian bawah. Semakin banyak gerakan yang dilakukan, semakin kuat lengan dan kaki mereka dan akan semakin mudah mereka dapat berpindah atau bergerak.
  • Mengoceh
    Berbicara dengan bayi merupakan bagian penting dari perkembangan bahasa mereka. Cobalah untuk memberi komentar tentang segala sesuatu yang Moms lakukan dengan Si Kecil. Menghitung tangga yang dinaiki, menunjuk daun-daun di pohon-pohon dan menghitungnya, dan sebagainya. Pengulangan adalah kunci belajar bahasa. Itu semua akan tersimpan di dalam otak si Kecil dan akan digali lagi saat dia belajar berbicara.

Membantu perkembangan bayi di usia enam bulan

  • DI usia ini, bayi menyukai suara-suara binatang dan mereka mulai memahami bahwa makhluk yang berbeda membuat suara yang berbeda. Tunjukkan kepadanya gambar binatang dan tirukan suaranya satu per satu.
  • Si Kecil mungkin juga suka mengulang satu suku kata, seperti "ba", "ma", "ga", atau kombinasi konsonan-vokal lainnya, berulang-ulang. Dia bahkan dapat menambahkan satu atau dua suku atau membuat suara mereka lebih kompleks
  • Bermain susun balok akan membantu mengembangkan koordinasi tangan-ke-mata. Ini  adalah salah satu tantangan terbesar bagi bayi Moms, dan ini adalah cara yang bagus untuk belajar.