Bayi 0-6 Bulan Bayi Baru Lahir 26 September 2018

Susu Formula: Jumlah dan Cara Pemberiannya

Oleh: dr. Vinny, Sp.A

BAGIKAN

Moms mungkin menginginkan si Kecil mendapatkan ASI secara penuh. Namun, bila kondisi Moms tidak memungkinkan, Moms boleh saja memberikan susu formula. Namun, bagaimanakah cara untuk memberikan susu formula tersebut?

Susu formula sebaiknya diberikan sebanyak 60 ml per kg berat badan per hari, pada minggu pertama dan 150 ml per kg berat badan per hari setelahnya. Perhatikan frekuensi pemberian susu formula pada si Kecil yang baru lahir yakni setiap 2–3 jam dan3-4 jam pada si Kecil yang berusia di atas 3 bulan.

Dalam bulan pertama, bila si Kecil Moms tidur lelap selama lebih dari 4 jam, bangunkan dan ajak untuk minum susu. Beri susu secukupnya dan jangan paksakan anak untuk meminum susu formula sampai habis karena dapat mengakibatkan si  Kecil gumoh, diare, alergi, atau pun gangguan lainnya. Normalnya si  Kecil pada bulan pertama bisa mengonsumsi  120 ml susu formula perhari dan meningkatkan kebutuhannya hingga 30 ml per bulan. Jika si Kecil ingin lebih atau kurang dari takaran normal, diskusikan pada dokter anak. Si Kecil harus minum tidak lebih dari 960 ml susu formula dalam 24 jam.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam memberikan susu formula:

  • Biasanya bayi yang barulahir akan mengonsumsi 45-90 ml susu formula setiap 2-3 jam. Takaran tersebut akan meningkat seiring pertumbuhan tubuh dan kebutuhannya.
  • Saat berusia  2 bulan, bayi membutuhkan setidaknya 120-150 ml susu setiap 3-4 jamnya dan pada usia ke-4 bulan, kebutuhannya meningkat hingga 180 ml setiap lapar.
  • Pada usia yang ke-6 bulan, bayi akan memerlukan 180-230 ml susu setiap 4-5 jam dan harus diimbangi dengan pengenalan pada beberapa makanan halus.

Moms tidak perlu mengkhawatirkan si  Kecil akan kekurangan nutrisi, vitamin, dan lain-lain bila mengonsumsi susu formula. Jika berat badan anak stabil, Moms rutin dan memonitor waktu menyusui, dan system dan saluran pencernaannya baik, artinya si Kecil mendapatkan apa yang dibutuhkan.

Sebagai alternatif pengganti ASI, beberapa langkah ini dapat Moms lakukan untuk memastikan bayi tetap bisa mendapatkan nutrisi yang maksimal dan mendukung perkembangan tubuhnya:

  1. Rutin memberikan susu yakni 2-4 jam sekali atau pada saat si Kecil menangis karena lapar. Dengan berjalannya waktu, si Kecil akan mulai terbiasa dan mengembangkan jadwal yang cukup teratur sendiri.
  2. Pastikan botol dan dot tempat susu selalu dalam kondisi bersih.
  3. Mengocok susu sebelum diberikan untuk meminimalisir gumpalan yang sulit dicerna oleh tubuh bayi.
  4. Pastikan suhu susu formula sesuai dengan suhu ASI dalam tubuh ibu dan susu steril. Penggunaan alat sterilisasi sangat disarankan.
  5. Menyentuh mulut si Kecil dengan dot untuk merangsang dan mengajak anak menyedot susu
  6. Pahami kebutuhan bayi dengan tidak memaksa bayi untuk menghabiskan susu dan jangan memberikan takaran yang berlebih agar anak jauh dari kemungkinan obesitas.
  7. Sendawakan  setelah pemberian susu untuk menghindari gumoh.
  8. Konsultasikan pada dokter mengenai kebutuhan dan masa pemberian susu formula pada anak.