Belanja Mitu

Pra Kehamilan Perlindungan Kuman 02 November 2020

Tas dan Dompet Jadi Sarang Kuman dan Bakteri? Ini Penjelasannya

Oleh: Mitu Baby

BAGIKAN

Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal, ini artinya aktivitas di luar rumah sudah mulai kembali berjalan. Akan tetapi, himbauan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan harus tetap diikuti seperti, menggunakan masker,menjaga jarak dan membawa tisu basah antiseptik.

Tak cukup hanya mematuhi protokol kesehatan, Anda juga wajib memperhatikan kebersihan barang-barang bawaan Anda. Terlebih lagi saat di luar rumah, benda-benda di sekeliling yang kotor dan bisa memicu perkembangbiakan kuman serta bakteri bahkan virus. Pastinya hal itu bisa menyebabkan penyakit yang bisa menyerang Anda.

Selain itu, dikutip dari klikdokter.com, ternyata tas dan dompet juga menjadi media penyebaran kuman serta bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Padahal kedua benda ini pastinya sering turut serta menemani berbagai aktivitas sehari-hari. Lalu, mengapa tas dan dompet bisa menjadi sarang kuman dan bakteri? Berikut ini penjelasaanya.

1. Tas

Menurut Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi dari Arizona University, permukaan tas mempunyai sekitar sepertiga kuman dari bakteri tinja. Ia pun menyatakan, tak hanya permukaan tas yang memiliki banyak kuman, tapi bagian pegangan dan bawah tas juga disinyalir terdapat virus, kuman serta bakteri yang sangat banyak.

Sebuah studi di Inggris mengungkapkan, pegangan tas menjadi sumber bakteri. Hal ini dikarenakan, tas menjadi barang yang selau dibawa kemana pun, termasuk ke dalam kamar mandi, mall, restoran, maupun ke tempat-tempat umum lainnya.

Penelitian di Jerman telah menemukan adanya 10 ribu bakteri yang berbeda dalam setiap sudut dan isi tas. Oleh karenanya, jika Anda tidak membersihkan tas dalam jangka waktu yang lama, tas Anda bisa menjadi sarang bagi sekitar 10 ribu jenis bakteri tersebut.

2. Dompet

Sama halnya dengan tas, permukaan dompet juga menjadi sarang bagi sepertiga kuman dari bakteri tinja. Selain karena sering dibawa kemanapun, dompet juga mudah terkontaminasi kuman dan bakteri dari uang kertas serta kartu ATM yang kerap bersentuhan dengan mesin ATM telah terkontaminasi dengan bekas sentuhan tangan orang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman 1 2